Menggunakan GPS dengan tepat

Rahasia Memanfaatkan GPS Dengan Tepat Selama Perjalanan

Saat ini untuk melakukan perjalanan ke suatu tempat tidak sesulit dulu. Bahkan ketika kita melakukan perjalanan ke suatu tempat untuk pertama kalinya, dimana kita belum pernah melakukan perjalanan ke tempat tersebut sama sekali. Kemudahan dalam melakukan perjalanan saat ini dikarenakan adanya teknologi GPS singkatan dari Global Positioning System.

Dunia traveling dan rental mobil dengan sopir sangat diuntungkan dengan adanya teknologi ini. Karena perjalanan menghantar tamu dan rombongan jadi begitu mudah dan menyenangkan sampai ke tempat tujuan. Sopir-sopir perusahaan rental mobil dan traveling dengan mudah bisa membaca situasi jalan, kecepatan membaca situasi ini diperlukan untuk mengantisipasi keadaan dengan cepat bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Selain dunia rental mobil dan traveling sebenarnya masyarakat juga sangat diuntungkan, bagi orang yang mengemudikan kendaraan pribadinyapun juga bisa terhindar dari kemacetan yang parah terutama di ibu kota Jakarta dan kota-kota besar lainnya.

Apa sih itu GPS dan bagaimana sistem kerjanya, serta bagaimana cara memanfaatkannya? Silahkan baca hingga tuntas. tulisan ini akan membahasan lebih detail apa itu GPS? Bagaimana cara kerjanya? Dan bagaimana memanfaatkannya? Selamat membaca.

Apa GPS itu?

GPS adalah sistem navigasi yang memanfaatkan teknologi satelit. Sebenarnya GPS adalah salah satu dari beberapa sistem navigasi. Walau ada banyak sistem navigasi, tetapi yang pertama kali muncul dan dikenal adalah GPS. Sehingga kasus penamaan GPS ini mirip seperti pada kasus Aqua, masyarakat menyebut semua air minum dalam kemasan disebut Aqua. demikian juga dengan sistem navigasi, semua sistem navigasi saat ini disebut GPS, walaupun sesungguhnya mereka bukan GPS. Mengapa? Karena sistem navigasi yang pertama diperkenalkan dimasyarakat adalah GPS buatan Amerika Serikat.

Bagaimana Sistem kerja GPS?

Satelit memancarkan sinyal GPSGPS sesuai denngan namanya bekerja untuk menentukan posisi seseorang di atas permukaan bumi. Pada walanya teknologi ini digunakan untuk kepentingan militer akan tetapi saat ini telah meluas digunakan untuk kepentingan masyarakat banyak. Sistem kerja GPS adalah menangkap sinyal dari satelit-satelit yang beredar pada orbitnya di atas bumi. Satelit-satelit ini memancarkan sinyal yang ditangkap oleh alat-alat penangkap sinyal satelit salah satunya adalah smartphone kita. Dengan menangkap sinyal dari beberapa satelit, algoritma smartphone kita bisa menentukan posisinya di permukaan bumi ini. Ketepatan atau akurasi penentuan posisi tergantung dari seberapa banyak sinyal yang ditangkap oleh smartphone. Semakin banyak sinyal satelit yang tertangkap akan semakin akurat penentuan posisi kita.

Saat ini teknologi GPS juga sudah dilengkapi dengan fitur A-GPS kependekan dari Assited GPS yakni Sistem kerja AGPSsebuah sistem percepatan penentuan posisi dengan mungunci posisi satelit yang memanfaatkan jaringan wireless telephone seluler yang ada. Mengapa posisi satelit perlu dikunci? Karena satelit yang berada di langit kita tiap jamnya tidak sama. Satelit-satelit itu terus bergerak dari waktu ke waktu. Bila satu satelit meninggalkan langit kita, maka akan ada satelit lain yang masuk ke dalam orbit di langit kita. Sistem AGPS membantu akurasi penentuan posisi kita dengan cepat. Selain memanfaatkan sinyal dari satelit, sistem GPS juga memanfaatkan posisi smartphone terhadap BTS-BTS (menara-menara  pemancar seluler) terdekat. Bahkan juga memanfaatkan jaringan wifi rumah, dan perkantoran yang ada di sekitar kita. Dengan adanya fitur AGPS, saat ini akurasi penentuan posisi kita sangat tinggi, dengan tingkat kesalahan hanya sekitar 200 meter.

Perlukah menggunakan paket data?

Setelah kita memahami sistem kerja GPS, sebenarnya penggunaan data internet tidak selalu harus digunakan. Dalam keadaan data internet dimatikan GPS masih tetap bisa bekerja. Mengapa? Karena smartphone hanya menangkap sinyal dari satelit saja sudah bisa menentukan posisi kita ada di mana. Data internet akan digunakan untuk update kondisi sekitar kita, misalnya keadaan kemacetan jalan, suhu di sekitar kita, peta daerah yang dilalui dan lain-lain. Dalam sebuah perjalanan update data medan jalan yang akan dan sedang kita lalui sangatlah penting, terutama bila kita melawati jalan-jalan yang terkategori rawan kemacetan atau kita sedang menyusuri jalan yang belum pernah kita lalui. Bila kita hanya menyalakan layanan GPS saja tanpa data internet kita hanya tahu posisi kita saja, tetapi untuk kondisi terkini kita tidak akan mendapatkan datanya. Jadi menyalakan paket data internet anda agar anda tidak ketinggalan update situasi terkini dan peta jalan yang benar.

Persiapan hardware

Kepekaan dalam menangkap sinyal satelit dan kecepatan transfer data internet adalah hal yang perlu diperhatikan. Seringkali terjadi pada smartphone jadoel kehilangan sinyal GPS, padahal pada saat itu kita melaju dengan kecepatan tinggi dan membutuhkan informasi kearah mana kita harus menuju. Melaju dan bergerak dalam kecepatan tinggi sangat mempengaruhi daya penangkapan sinyal dari satelit, apalagi bila procesor dan ram smartphone memilki kecepatan yang lelet kita akan dihadapkan pada kesalahan-kesalahan penentuan posisi ketika melihat peta pada smartphone. Untuk itu kami sangat merekomendasikan penggunaan smartphone yang telah dilengkapi dengan teknologi 4G LTE. Pada smatphone dengan teknologi 4G LTE kepekaan dalam penangkapan sinyal satelit dan transfer data internetnya memiliki kecepatan yang tinggi, yang sangat diperlukan dalam menyajikan informasi GPS yang akurat dan cepat. Saran kami bila anda melakukan traveling bersama rombongan dan diantara anggota rombongan ada yang memiliki smartphone dengan teknologi 4G LTE sebaiknya mengikhlaskan smartphonenya untuk dipakai sebagai panduan GPS bagi rombongan.

Selain menyiapkan smartphone yang canggih, kita juga harus menyiapkan power bank atau charger smartphone untuk mobil. Karena aktifitas GPS akan menyedot energi baterai cukup besar, sehingga baterai cepat lowbat. Dan beberapa merk smartphone akan lebih cepat panas ketika dipakai menghidupkan aplikasi GPS dalam waktu yang lama. Saran kami atur posisi smartphone sedemikian rupa hingga smartphone dekat dengan lubang AC sehingga smartphone tidak cepat panas.

Selain itu persiapkan juga quota data yang cukup banyak, karena bisa jadi quota anda akan cepat terkuras ketika menjalankan aplikasi GPS, terlebih jika kita melewati medan yang belum pernah kita lalui sebelumnya. Smartphone harus mendowload terlebih dahulu data peta dan kondisi jalan tersebut dan ini akan menguras quota data anda.

Saran aplikasi

Ada banyak aplikasi GPS yang bisa didownload untuk smartphone kita. Bila anda pemilik smatphone android maka google maps biasanya sudah terinstal secara pabrikan. Selain google map aplikasi yang kami sarankan adalah Waze. Cara kerja Waze mirip seperti google map tetapi memiliki informasi lebih tentang jalan-jalan yang akan kita lalui, seperti keberadaan polisi, kemacetan, kendaraan lain yang parkir dibahu jalan, kecelakaan dan lain-lain. Saat ini goole map pun melengkapi fitur-fitur informasi kecelakaan setelah bekerjasama dalam berbagi informasi dengan waze, tetapi ada kelebihan waze yang tidak bisa ditemui di google map, yakni sesama pengguna waze bisa saling melakukan chating untuk berbagi informasi tentang keadaan jalan. Kalau boleh kami katakan waze adalah gabungan google map dan facebook. Waze memiliki fitur panduan perjalanan dalam bentuk  suara tetapi dalam bahasa Inggris bagi anda yang paham bahasa Inggris hal ini bukanlah kendala, tetapi bila anda tidak paham bahasa Inggris kami sarankan memakai aplikasi google map saja, karena aplikasi ini panduan perjalanannya sudah bisa dinikmati dalam bahasa Indonesia.

Dalam sebuah perjalanan tidaklah “haram” menggunakan panduan dari dua aplikasi sekaligus. Bila kita pergi berombongan bisa satu orang buka google map dan yang lain buka waze. Informasi dari kedua aplikasi ini akan saling menguatkan satu dengan yang lain.

Baca Juga: 10 Rahasia Tips Merencanakan Perjalanan Tanpa Repot 

Mencari alamat di aplikasi GPS

Menanyakan posisi sebuah alamat pada sistem GPS tidaklah sama dengan menanyakan alamat pada manusia. Pada sistem GPS hanya bisa sampai pada nama jalan, itupun biasanya diperkotaan. Bila kita menanyakan posisi alamat di daerah pedesaan biasanya hanya sampai pada nama kampung. Anda tidak bisa menanyakan alamat sampai pada posisi RT/RW dan nomer rumah kecuali ada orang yang sudah memasukkan data alamat tersebut pada google map. Demikian juga alamat di pedesaan hanya bisa sampai pada nama kampung. Dan bila data belum diupdate, maka google map atau waze akan menyajikan data lama. Sebagai contoh terjadi pemekaran kecamatan disebuah kabupaten, maka alamat yang masuk di kecamatan baru tidak akan terdetksi oleh google map dan waze, aplikasi-aplikasi ini akan menyajikan data lama ketika kita menanyakan sebuah alamat.

Tempat-tempat penting biasanya mudah dikenali oleh GPS, seperti gedung-gedung pemerintahan, hotel-hotel besar, masjid, pabrik dan lain-lain. Bila anda kesulitan mencari alamat tujuan cobalah minta ancer-ancer atau patokan kepada pemilik alamat dengan menggunakan tempat-tempat penting tadi. Seperti 50 meter dekat taman rekreasi ini atau sebelah kanan gedung ini dan seterusnya. Dengan bantuan patokan-patokan tersebut pencarian alamat jadi mudah.

Mempelajari medan

Memepelajari medan adalah sangat penting sebelum melakukan perjalanan. Terutama bila anda akan melakukan perjalanan dengan tujuan alamat yang belum pernah anda singgahi. Kalau perlu kita bisa pantau kondisi lalu lintas beberapa kali dalam beberapa hari untuk mengetahui di titik-titik mana biasanya rawan terjadi kemacetan. Dengan mempelajari pola titik kemacetan yang ada, kita bisa merencanakan melalui jalan alternatif yang lain. Titik-titik kemacetan parah biasanya diberi warna merah, titik macet sedang (padat merayap) diberi warna kuning baik pada google map maupun waze.

Mempertimbangkan saran dari aplikasi

Rute tercepat GPSBaik google map maupun waze pasti memberikan kepada kita saran rute tercepat, sekali lagi rute tercepat bukan rute terdekat. Karena bisa jadi walau dekat tetapi kemacetannya parah, kita akan diberi saran untuk melewati jalur yang lain. Saran yang diberikan oleh google map dan waze tetap merupakan sebuah saran, dan keputusan tetap ada di tangan kita. Terkadang penulis gunakan saran tersebut bila melalui daerah-daerah yang tidak dipahami kondisi kesehariannya. tetapi bila penulis yakin dengan kondisi yang ada, biasanya saran dari aplikasi penulis bisa abaikan. Sebagai contoh walau warnanya merah tetapi kita yakin merahnya tidak terlalu parah saran dari aplikasi bisa kita abaikan. Mengapa demikian? karena data yang tersaji di smartphone kita tidaklah update terus menerus. Terkadang ada jedah atau interval waktunya, dalam hal ini penulis belum dapat informasi inteval waktunya berapa menit sekali ada update data. Tetapi pengalaman yang ada, update data sangat tergantung juga dengan kecanggihan jenis smartphone kita. Seringkali di layar kelihatan merah, tetapi fakta jalan ketika dilalui situasi jalan ramai lancar. Jadi kembali kepada keyakinan kita masing-masing. Bila kita tidak yakin dengan kemampuan kita, maka ikuti saja saran dari aplikasi. Dan sebaliknya bila kita yakin tidak masalah menerobos jalur merah, ya silahkan abaikan saja saran dari aplikasi.

Baca Juga: Sewa Mobil Dengan Sopir Lebih Murah Dan Tidak Repot 

Mencari jalan alternatif

Dalam menyajikan saran rute tercepat kita juga harus teliti. Namanya juga mesin, tidak secanggih manusia. Banyak sekali kasus karena mengikuti saran aplikasi akhirnya malah terjebak di jalan sempit dan bergelombang rusak parah. Untuk menghindari insiden yang tidak diinginkan, maka ada beberapa langkah yang harus diperhatikan:

  1. Pastikan rute yang kita akan lalui adalah rute sesuai dengan moda kendaraan yang sedag kita tumpangi. di google map ada fitur jalan sesuai dengan kendaraan yang kita pakai. Tombol fitur ini sangat jelas terlihat di google map berupa gambar orang berjalan, sepeda motor, mobil dan kereta api. Pilih yang sesudai dengan yang anda kendarai. Jangan sampai yang kita kendarai mobil tetapi jalur yang disarankan jalur motor, penulis pernah salah pencet akhirnya terjebak dijembatan sempit yang hanya pantas dilalui motor, dan tidak mungkin dilalui mobil.
  2. Bila anda ragu dengan rute jalan yang disarankan pakailah tampilan dengan menggunakan gambar satelit (hanya ada pada google map). Coba gerakkan jari anda ke tepi kiri hp anda dan usap kekanan, nanti akan muncul menu utama, kemudian klik menu satelit. Maka tampilan layar tidak lagi berupa peta namun peta plus gambar citra satelit. Lihatlah dan zoom bila perlu apakah jalan yang dilalui merupakan jalan yang sempit atau lebar.
  3. Bila anda masih kurang yakin juga, ada trik akal-akalan yang membutuhkan instink kita untuk
    Menggunakan Patokan GPS

    Navigation

    mengambil sebuah keputusan. Jalan-jalan lebar atau jalan utama atau disebut juga jalan protokol biasanya diberi nama dengan nama-nama pahlawan nasional, jalan kelas dua menengah biasanya diberi nama tokoh-tokoh lokal, sedangkan jalan kelas tiga biasanya sempit terdapat diperumahan dan jalan-jalan kampung diberi nama tokoh desa atau nama-nama selain nama tokoh, misalnya jalan dahlia, jalan merbabu, jalan nuri, jalan nanas dan lain-lain. Usahakan melewati jalan-jalan kelas utama dan kelas dua dengan melihat karakter nama-nama jalan tersebut, sebab bila kita masuk dijalan kelas tiga apalagi tidak bernama spekulasi terlalu besar. Bahaya tidak bisar putar balik dan macet ditengah jalan akan menjebak kita sewaktu-waktu.

Baca Juga: Luar Biasa Discount Hingga 20% Rental H1 Jakarta di Globe Transport Provider 

Demikian beberapa tips tentang penggunaan teknologi GPS dalam perjalanan. Semoga sharing ini bermanfaat bagi para pembaca budiman. Bila anda tidak ingin repot dalam melakukan perjalanan, maka kami sangat menyarankan penggunaan jasa sopir dalam perjalanan anda. Dan bila anda melakukan perjalanan dengan memakai jasa rental mobil ada baiknya anda gunakan jasa rental mobil dengan sopir yang ahli membaca GPS. Dengan menggunakan jasa rental mobil bersama dengan sopirnya yang pandai membaca GPS anda bisa fokus di acara yang akan anda jalani di tempat tujuan, sebab untuk urusan perjalanan sudah anda serahkan pada ahlinya. Untuk info detai tentang rental mobil silahkan anda klik di sini. Semoga mafaat [isw]

salam

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *