kecelakaan mobil karena ngantuk

Terungkap 10 Rahasia Cara Menghindari Kecelakaan Akibat Mengantuk

Tahukah Anda Mengantuk menjadi salah satu penyebab kematian terbesar di jalan raya, menurut data 2014, setiap empat hari terjadi satu kasus kecelakaan yang dikarenakan pengemudi mengantuk. (Ditlantas Polda Metro Jaya). Hal ini sesuai dengan bahaya mengantuk saat mengemudi yang dinyatakan oleh Dokter Specialis Kesehatan Tidur Rumah Sakit Mitra Kemayoran dr. Andreas Prasadja, mengemudi dalam kondisi mengantuk sama bahayanya seperti seseorang yang berkendara dalam keadaan mabuk. Karena, saat orang tersebut mengantuk, semua hal yang berhubungan dengan otak akan hilang. Maka tidak salah untuk menghindari bahaya kecelakaan akibat mengantuk pemerintah memberi sangsi yang cukup berat bagi pengemudi yang mengemudikan kendaraan dalam keadaan mengantuk. Menurut UU No 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) para pelanggar aturan ini bisa dikenai sanksi pidana penjara maksimal tiga bulan. Atau, denda maksimal sebesar Rp 750.000.

kecelakaan mobil karena ngantuk

kecelakaan mobil karena ngantuk

Bila anda termasuk orang yang gampang ngantuk saat mengemudi kendaraan, maka ada baiknya kita memahami hal-hal apa saja yang dapat memicu rasa kantuk saat mengemudi. Ngantuk sendiri akan terjadi saat Otak mengalami penurunan daya kinerjanya. Adapun hal-hal yang menyebabkan daya kerja otak menurun adalah:

  1. Kekurangan Oksigen

Kerja otak tidak bisa dilepaskan dengan kadar asupan oksigen yang cukup untuk menunjang kinerjanya. Bila otak kekurangan oksigen, maka otomatis otak makan menurunkan intensitas kerjanya. Sirkulasi yang baik dalam kabin mobil sangat berpengaruh pada kinerja otak sang pengemudi. Bila sirkulasi tidak bagus, maka rasa nkantuk akan segera datang menyerang pengemudi.

  1. Kejenuhan

Otak manusia bila kurang mendapatkan tantangan secara alami akan menurunkan aktifitasnya. Bila dalam mengemudi kita mendapati suasana yang monoton dan kurang tantangan, otak kita pun akan menurunkan aktifitasnya. Dan bila aktifitasnya menurun pertanda rasa kantuk segera akan datang mennyerang. Kondisi seperti ini biasanya akan datang saat kita melaju di jalan tol. Dimana kondisi jalannya lurus jarang belokkan dan tidak mulus tanpa guncangan yang berarti. Bandingkan bila kita mengemudi dalam medan jalan offroad, rasa-rasanya rasa ngantuk sangat jauh dari kita. Bayangkan betapa bahayanya bila dalam jalan tol rasa ngantuk menyerang tiba-tiba. Kehilanagn konsentrasi saat laju mobil dalam kecepatan tinggi sangat sangat membahayakan sekali.

  1. Bahan Additif

Bahan additif yang mematikan adalah alkohol. Meminum alkohol menurunkan fungsi otak dan kerja syaraf-syaraf manusia. Maka sangat benar bila agama sangat melarang minum alkohol. Paling tidak dengan minum alkohol memberikan ruang untuk rasa kantuk datang lebih cepat dan susah dipulihkan. Selain alkohol, obat-obatan terlarang jenis narkoba sangat berbahaya. Bila tidak dalam keadaan mengemudi sudah membahayakan apalagi dalam keadaan mengemudi, sangat membahayakan.

  1. Metabolisme Tubuh

Kinerja metabolisme tubuh juga memiliki andil dalam memicu penyebab rasa ngantuk. Sebagai contoh mengapa sehabis makan kita mengantuk? Sebab darah secara mekanisme metabolisme akan mengalir ke pencernaan agak berlebih untuk melakukan penyerapan sari-sari makanan, akibatnya otak akan kekurangan darah, bila otak kekurangan darah, maka otomatis otak akan kekurangan asupan oksigen. Dan bia ini terjadi rasa kantuk juga akan segera menyerang. Contoh yang lain adalah penderita diabetes. Penderita diabetes biasanya gampang lelah dan mengantuk. Mengkonsumsi gula berlebih saat minum  juga akan memunculkan rasa kantuk.

  1. Posisi Badan

Mungkin anda tidak menduga, tapi bisa anda buktikan duduk dengan bersandar tentu rasanya lebih nyaman daripada duduk tidak bersandar, betul bukan? Mengapa? Sebab dipunggung kita terdapat banyak syaraf-syaraf tepi yang disebut medula spinalis. Syaraf-syaraf tersebut bagaikan tombol-tombol, yang bila kita sandarkan punggung kesandara akan menekan syaraf-syara :tombol: tersebut untuk memberi sinyal ke otak :waktunya istrirahat. Bila ini terjadi, maka otak akan menurunkan aktifitasnya dan serangan ngantukpun atang dengan sendirinya.

  1. Kelelahan

Manusia dewasa normalnya tidur antar 4 sd 6 jam tergantung usia, jenis kelamin dan aktivitas pekerjaan. Bila kurang dari porsi tidur biasanya maka tubuh manusia akan kelelahan. Bila tubuh kelelahan, maka tubuh memiliki otomatisasi untuk melakukan istirahat. Dan bila mekanisme istrihata ini ditunda, atau dipaksa tidak istirahat maka serangan ngantuk akan datang tanpa peringatan. Banyak kejadian pengemudi baru sadar ketika dirinya sudah di rumah sakit.

 

Setelah memahami penyebab datangnya rasa kantuk saat mengemudi berikut adalah kiat-kiat yang bisa kita lakukan untuk menghindari serangan rasa kantuk saat mengemudi di jalan raya.

Baca Juga : Nikmatnya Sewa Mobil Plus Sopir

  1. Pastikan Cukup Tidur

Tidur yang cukup adalah syarat mutlak bagi driver. Apalagi bila Anda akan melakukan perjalann panjang seperti saat mudik lebaran. Kemacetan dan jarak tempuh yang panjang mengharuskan tubuh siap bekerja dalam tempo yang cukup lama. Untuk itu tidur yang cukup selama 7 sd 9 jam sangat disarankan agar tubuh memiliki daya tahan yang maksimal saat mengemudi dalam waktu yang lama.

  1. Jangan Lapar, Jangan Kenyang

Menjaga komposisi isi perut juga bagian yang tidak kalah pentingnya. Seperti yang disarankan oleh Nabi Muhammad bahwa jangan makan sebelum lapar dan berhentilah sebelum kenyang sangat relevan dengan data saintik saat ini. Bila perut dalam kondisi lapar maka otak akan kekurangan asupan energi, sehingga daya konsentrasi menurun dan ini mudah medatangkan serangan kantuk. Demikian juga dengan posisi perut yang sedang dalam keadaan kenyang. Seperti yang kita bahas di atas, kondisi kenyang akan menyedoot darah turun ke sistempencernaan, sehingga otang akan kekurangan asupan oksigen yang tak kalah hebatnya medatangkan serangan kantuk berat pada tubuh. Maka menjaga kondisi perut dalam keadaan tidak terlalu lapar dan tidak kekeyangan adalah kondisi yang sangat ideal untuk tidak disreang kantuk.

  1. Pastikan sirkulasi AC cukup bagus

Pastikan fungsi AC berjalan dengan baik dan atur suhu secukupnya. Jangan terlalu gerah atau terlalu dingin.  Terlalu gerah tanda udara kurang oksigen dan terlalu dingin merangsang tubuh untuk melalkukan istirahat alias mengundang rasa ngantuk. Bila sirkulasi oksigen dirasa kurang dari AC, anda bisa membuka kaca agar udara bisa mengalir ke dalam. Kebutuan akan AC bisa nol bila sudah berada di daerah dingin pegunungan. AC bisa dimatikan sebab fungsi pendingin sudah tidak diperlukan juga bisa menyedot banyak energi atau bahan bakar mobil.

  1. Siapkan Musik Yang Ceria

Siapkan musik yang bisa menjaga anda tetap fokus dan energi bila dirasakan suara mesin yang monoton dirasakan bisa menurunkan konsentrasi anda. Atur intensitas suara sepertlunya, bila kurang anda tidak bisa menikmatinya dan bila berlebihan akan mengganggu peumpang lain dan juag membuat anda tidak dapat mendengar bunyi klakson mobil lain di sekitar anda.  Adapun jenis musik apa sebaiknya? Anda yang lebih tahu tentang selera dan kebutuhan yang anda inginkan.

  1. Atur posisi tempat duduk

Atur posisi duduk sangat penting. Bagi beberapa orang posisi sandaran kursi yang dengan kemiringan tertentu menyebabkan cepat datangnya rasa kantuk. Atur posisi dimana kemiringan membuat anda tidak mudah merasa ngantuk. Penulis sendiri suka posisi mendekati 90 derajat atau hampir tegak. Dengan mengatur posisi seperti hal tersebut penulis tidak cepat merasa kantuk. Baca bab penyebab kantuk point 5 di atas

  1. Siapkan Air Minum

Air adalah pelarut yang paling efektif. Minum air putih atau mineral) akan memperlancar proses metabolisme dan larutnya oksigen dalam darah. Wajar bila setelah minum air badan kembali segar dan berkurang rasa kantunya. Maka bila kantuk gejala rasa mulai melanda segera ambil air putih. Selain sebagai air minum, air putih juga bisa dipakai membasuh muka sehingga muka bisa terasa segar dan jauh dari kantuk. Bila air putih juga belum bisa menolong boleh juga mengkonsumsi kopi. Saran kami kopinya kopi hitam bukan kopi instant, karena meminum kopi hitam lebih sehat asal tidak berlebihan.

  1. Istirahatlah Setiap 2-4 Jam

Beristirahat 2 sd 4 jam sekali sangat membantu meningkatkan stamina tubuh agar tidak mengantuk. Selain itu mesin mobil maksimal bisa dipicu 4 jam dan harus didinginkan setiap 4 jam. Jadi dalam perjalanan panjang usahakan maksimal berhenti tiap 4 jam. Agar mobil tetap stabil dan stamina tetap terjaga.

  1. Cari Teman Bicara

Ada anggapan bahwa berbicara dengan sopir akan mengganggu konsentrasinya. Kami rasa tidak juga tergantung pembicaraan yang sedang dinahas. Kalua topik bahasannya ringan dan menyenangkan ini akan menjauhkan dari rasa jenuh yang mengakibatkan serangan rasa kantuk. Tapi bila pembicaraan membuat emosi sopir ini yang berbahaya. Jadi bila rasa kantuk mulai menyerang cobalah cari teman bicara.

  1. Gerakkan Badan

Bila kawan bicara sudah dapat masih juag rasa kantuk menyerang, coba behenti sebentar kemudian gerak-gerakan badan dengan senam kecil-kecilan, seperti menggerakkan kepala kiri kanan, meliukkan tubuh kiri-kanan. Berjongkok kemudian berdiri, atau lari-lari kecil di tempat atau yang lain yang penting rasa kantuk hilang. Gerakka-gerakkan kecil ini membuat sirkulasi darah lancer ke otak dan otak akan segar kembali.

  1. Tidurlah Bila Perlu

Bila semua jurus sudah dilakukan masih juga rasa kantuk datang tak tertahankan, maka itu pertanda tubuh anda benar-benar butuh tidur. Maka jangan paksakan, sebab sangat berbahaya. Jurus pamungkasnya adalah menepi dan carilah tempat yang aman, aman dari serudukan kendaraan lain dari belakang, dan aman dari penjahat jalanan, kemudian tidur. Ya tidur adalah ajian pamungkas karena tidak ada solusi lagi selain tidur. Dengan tidur sekitar 30 menit smp satu jam kalau siang dan 6 jam kalau malam cukup untuk memulihkan tenaga. Tempat-tempat favorit penulis biasanya adalah Masjid dan POM bensin. 2 tempat tadi adalah tempat yang aman dari penjahat dan kecelakaan akibat serudukan kendaraan lain dari belakang.

sewa mobil jakarta bandung 0811-1102-519

Bila anda bepergian jauh, ada baiknya anda Rental Mobil Dengan Sopir. Ada banyak rental mobil yang menyediakan tenaga sopir. Anda bisa menghemat banyak waktu, tenaga dan rupiah dalam beberapa urusan. Anda bisa baca tulisan kami dengan judul keuntungan rental mobil dengan sopir. Terutama bila Anda tidak terbiasa dengan tugas menyetir dalam jarak yang sangat jauh, terlebih bila ada budgetnya, misalnya karena ini menyangkut tugas kantor, tentu masalah anggaran buat sewa jasa sopir bukanlah sebuah masalah bagi Anda. Demikian tip-tip menjaga diri agar tidak ngantuk ketika menyetir kendaraan yang bisa kami sajikan. Anda bisa membaca tip-tip perjalanan yang lain di sini. Salam [isw]

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *