Cara Ajib Atasi Mabuk Kendaraan

Mengalami mabuk kendaraan adalah hal yang paling tidak enak selama perjalanan. Bagi anda yang suka traveling tapi sering mengalami mabuk kendaraan menjadikan perjalanan menjadi hal yang tidak menyenangkan. Bisa-bisa kita tidak menikmati rekreasi sesampai di tempat tujuan. Seluruh anggota rombongan berbahagia bisa bersenang-senang menikmati liburan ditempat tujuan rekreasi sedangkan kita tergeletak lemas akibat mabuk kendaraan. Apasih sebenarnya mabuk kendaraan itu? Apapula penyebabnya dan bagaimana cara menyembuhkannya? Adakah tips jitu untuk bisa mengatasi mabuk saat perjalanan? Mari kita kupas tuntas tentang mabuk kendaraan ini hingga keakar-akarnya.

Apa itu mabuk kendaraan?

Mabuk perjalanan bukan merupakan penyakit atau gangguan kesehatan melainkan faktor psikologis dan kepekaan individu pada sistem pusat keseimbangan di telinga bagian dalam (vestibular). Mabuk perjalanan atau istilah medis “Motion Sickness” adalah suatu kondisi di mana ada perbedaan antara gerakan visual dengan sistem vestibular.  Perbedaan tersebut menimbulkan konflik antara mata, propioseptic (tekanan dan posisi pada otot, persendian dan kulit) dan vestibular  (pusat keseimbangan di telinga bagian dalam). Akibat vestibular terganggu akan merangsang produksi zat histamin yang merangsang otak sehingga menimbulkan reaksi mual, pusing atau muntah.

Mabuk perjalanan juga lebih disebabkan karena faktor psikologis, dimana seseorang memiliki perasaan takut jika naik kendaraan, akan selalu menjadi pikiran sepanjang perjalanan sehingga menciptakan ketegangan dan akhirnya mabuk perjalanan benar-benar terjadi. Juga trauma yang berhubungan dengan naik kendaraan, pernah mabuk sampai muntah, bau knalpot, bensin, penuh sesak, dsb.

Bagaimana cara menyembuhkannya?

Sebenarnya mabuk darat bukan penyakit, ia lebih dominan karena faktor psikologis semata. Karena itu untuk menyembuhkannya juga harus melalui teknis psikologis. Penderita mabuk darat harus mau merubah mindset bahwa perjalanan tidak identik dengan ketegangan, kesusahan, dan mabuk. Sebelum melakukan perjalanan tidak perlu membayangkan hal-hal yang buruk. Sebaliknya harus membayangkan nikatnya perjalanan seperti akan berkumpul dengan team rombongan yang menyenangkan, tujuan perjalanan yang membahagiakan dan lain-lain.

Selain itu persiapan kondisi fisik yang prima juga perlu dilaukan karena bila kondisi badan drop mabuk kendaraan akan cepat terjadi. Hal ini berlaku sebaliknya bila kondisi fisik kita dalam kondisi prima dan sehat. Kita akan lebih siap dalam melakukan perjalanan. Dan bila kondisi itu terjadi niscaya mabuk kendaraan jauh dari kita.

Melakukan perjalanan panjang yang semakin sering juga akan mengurangi bahkan bisa menghilangkan mabuk kendaraan. Hal ini sama dengan melatih organ-organ keseimbangan kita untuk beradaptasi dengan kebiasaan melakukan perjalanan panjang. Hal ini terjadi pada penulis yang sudah hilang kebiasaan mabuk kendaraannya, walaupun dalam perjalanan panjang dan naik dengan berbagai moda transportasi mabuk kedaraan sudah tidak pernah penulis derita lagi sejak bekerja di instansi yang mengharuskan melakukan trip-trip panjang ke berbagai daerah.

Tips mencegah mabuk kendaraan.

  1. Posisi Duduk

Posisi duduk juga bisa mempengaruhi seseorang untuk mengalami mabuk perjalanan. Biasanya orang-orang yang duduk di bagian belakang lebih rentan terkena mabuk perjalanan dibandingkan orang yang duduk di bagian depan. Seseorang yang duduk dalam kendaraan di bagian belakang akan memiliki pandangan yang cenderung tidak lurus sehingga menyebabkan sistem vestibular menjadi terganggu.

Berbeda halnya dengan orang-orang yang duduk di bagian depan. Mereka cenderung memiliki pandangan yang lurus ke depan sehingga gangguan pada sistem saraf sensorik tidak mengalami gangguan. Posisi duduk yang kurang rileks juga bisa memicu mabuk perjalanan. Duduk dengan posisi yang kurang rileks akan menyebabkan tubuh mudah lelah. Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, tubuh yang lelah akan sangat rentan untuk mengalami mabuk perjalanan.

 

  1. Aroma Sekitar

Faktor bau atau aroma di sekitar Anda juga bisa memicu mabuk perjalanan. Biasanya bau bahan bakar seperti solar, bau parfum yang terlalu menyengat, bahkan bau keringat orang di dekat Anda juga bisa menyebabkan mabuk perjalanan. Berbagai jenis aroma tersebut akan membuat sistem vestibular mudah terangsang dan membuat perut mual dan terasa ingin muntah.

  1. Suara Bising

Suara bising dari kendaraan atau bahkan suara musik yang terlalu keras bisa memicu mabuk perjalanan. Alasannya, berbagai suara tersebut biasanya akan membuat kepala pusing sehingga memicu mabuk perjalanan. Untuk mengatasi hal tersebut, ada baiknya Anda menservis kendaraan Anda sebelum melakukan perjalanan sehingga tidak menimbulkan suara yang terlalu bising. Selain itu, ada baiknya Anda tidak menyetel musik terlalu keras ketika melakukan perjalanan.

  1. AC Mobil

Tidak semua orang bisa bertahan terhadap udara dingin yang dihasilkan oleh AC mobil. Udara yang terlalu dingin dari AC mobil bagi sebagian orang justru akan menyebabkan pusing dan mual yang memicu mabuk perjalanan. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, cuaca yang terlalu dingin bisa menjadi salah satu penyebab mabuk perjalanan.

 

Pencegahan

 

Jika Anda sudah terlalu sering mengalami mabuk perjalanan maka tidak ada salahnya untuk melakukan pemeriksaan medis karena mabuk perjalanan biasanya akan hinggap pada seseorang secara terus menerus setiap kali melakukan perjalanan. Selain itu, Anda juga bisa menerapkan beberapa tips berikut ini sebagai upaya untuk mengurangi resiko mengalami mabuk perjalanan.

 

Jika anak-anak Anda sering mengalami mabuk perjalanan, maka Anda dapat menyediakan tempat duduk yang relatif tinggi untuk membantu mereka melihat keluar melalui bagian depan mobil. Buatlah permainan bersama anak agar pandangan mereka bisa terfokus ke luar kendaraan sehingga mabuk perjalanan dapat dihindari.

Seseorang yang sering menderita migrain, wanita hamil, dan juga anak-anak adalah orang-orang yang sangat rentan untuk mengalami mabuk perjalanan. Ada baiknya orang-orang tersebut berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan jauh. ( Baca : Sakit kepala sebelah kanan atas kening – Sakit kepala sebelah kiri – Cara menghilangkan sakit kepala sebelah  )

Jagalah suhu di dalam kendaraan tetap dalam suhu yang kondusif dan memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga kebutuhan akan oksigen juga terpenuhi dengan baik.( Baca : Suhu tubuh normal ) Hentikan mobil beberapa saat kemudian berjalanlah beberapa menit di luar mobil. Cara tersebut efektif untuk meredakan gejala mabuk perjalanan dan juga bisa meregangkan otot-otot tubuh yang terasa kaku.

Tidak ada salahnya menyiapkan kantong muntah jika Anda sering mengalami mabuk perjalanan. Cara tersebut merupakan antisipasi yang baik jika Anda tidak dapat menahan muntahan ketika berada di dalam kendaraan. Mengunyah permen karet juga akan membantu. Jadi tidak ada salahnya untuk selalu menyediakan permen karet di dalam mobil.

Itulah beberapa metode yang bisa diterapkan untuk mengatasi mabuk perjalanan. Dapat disimpulkan bahwa mengatur posisi ketika berada di dalam kendaraan, memilih asupan makanan, dan juga menggunakan pengobatan medis (seperti dengan minum obat anti mabuk) merupakan tiga metode utama untuk cara menghilangkan mabuk perjalanan. Persiapkan kesehatan fisik Anda sebelum melakukan perjalanan yang jauh. Pastikan juga kondisi kendaraan dalam keadaan yang baik dan nyaman digunakan untuk berkendara.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *